Wednesday 28 October 2015

Cara Program Anak Kembar





            Bagi sebagian pasangan suami istri, impian mempunyai anak kembar adalah sesuatu yang menyenangkan. Pasalnya, meskipun semua pasangan suami istri berkesempatan mempunyai anak kembar, namun tidak semua pasangan suami istri dikaruniai anak kembar. Prosesntase kesempatan bagi pasangan suami istri akan mempunyai anak kembar lebih tinggi ketika salah satu keturunan mereka mempunyai gen kembar.
            Pada dunia kedokteran yang serba canggih seperti sekarang, akan terbuka banyak peluang bagi pasangan suami istri yang menginginnkannya meskipun tidak mempunyai riwayat keturunan kembar. Nah, cara apa saja yang bisa kita tempuh untuk mempunyai bayi kembar? Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai jalan untuk program bayi kembar.

1.      Berdoa
            Semua mungkin jika tuhan berkehendak. Begitupun ketika kita merasa tidak mungkin mempunyai bayi kembar karena tidak mempunyai riwayat keturunan kembar. Anak adalah mutlak hak tuhan. Maka, sebelum melakukan banyak cara, mintalah langsung pada tuhan dengan memperbanyak doa.

2.      Pembuahan Buatan
            Dulu, pembuahan buatan seperti bayi tabung dan program inseminasi buatan adalah sebuah cara yang dilakukan sebagai alternatif bagi pasangan yang mempunyai masalah ketidaksuburan. Karena, dengan program bayi tabung ataupun inseminasi, kesempatan untuk mempunyai anak akan lebih banyak. Namun siapa sangka? Program pembuahan buatan juga dimanfaatkan bagi para pasangan suami istri untuk merencanakan mempunyai bayi kembar. Sebab, pada pembuahan buatan ini memungkinkan untuk menghasilkan jenis kelamin sesuai dengan keinginan kita.

3.      Hamil Ketika Menyusui
            Kesempatan untuk memperoleh kehamilan kembar akan lebih banyak ketika program dilakukan saat seorang ibu tengah menyusui. Karena ketika sedang menyusui, ibu mengalami proses laktasi yang akan meningkatkan hormon sehingga memungkinkan untuk pembuahan kembar.

4.      Diet Ubi
            Salah satu cara alami yang dipercaya banyak orang agar mempunyai bayi kembar secara alami adalah dengan diet mengkonsumsi umbi-umbian. Seperti ubi atau kentang. Beberaapa penelitian membuktikan bahwa ubi atau kentang mengandung zat yang memungkinkan seseorang mengalami hiperovulasi. Sehingga mampu mengalami pembuahan yang menghasilkan janin kembar. Pendapat ini diperkuat dengan adanya Ras Afrika yang mempunyai peluang paling banyak terjadinya pembuahan kembar menjadikan ubi adalah makanan pokok.

5.      Memperbanyak Mengkonsumsi Susu
            Kesempatan untuk mempunyai bayi kembar akan lebih banyak ketika seorang wanita mengkonsumsi lebih banyak produk susu. Karena, susu mengandung berbagai macam gizi seperti lemak, protein, mineral, zink dan berbagai kandungan lainnya yang memperbesar peluang untuk mengalami pembuahan kembar.
6.      Faktor Usia
            Peluang kehamilan kembar akan lebih banyak ketika usia ibu telah mencapai di atas 45 tahun. Proses ovulasi yang lebih cepat terjadi ketika seorang wanita berumur lebih dari 45 tahun. Namun, hamil ketika telah berumur di atas 40 tahun akan mengandung banyak resiko. Salah satunya adalah ditakutkan terjadi kesalahan kromosom yang berakibat kelainan pada bayi. Misalnya akan terkena down sindrome. Karena, yang namanya kelainan itu sesuatu yang sulit untuk disembuhkan. Jadi, lebih baik fikirkan ulang untuk mengandung di atas usia 40 tahun atau ketika mendekati masa manoupose.

7.      Asam folat
            Asam folat adalah salah satu supplemen yang diperlukan bagi ibu hamil. Karena, dengan tercukupinya asam folat bayi yang dikandung akan terhindar dari resiko cacat pada otak. Selain itu, suplemen asam folat sering diberikan dokter pada pasiennya yang sedang menjalankan program bayi kembar.
            Darimana kita bisa mendapatkan asam folat yang alami? Ada banyak bahan makanan yang mempunyai kadar asam folat tinggi. Misalnya ikan salmon, ikan tuna, bayam, brokoli, dan berbagai sayuran yang berwarna hijau tua lainnya. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan seperti di atas untuk memperbesar peluang mempunyai bayi kembar.

8.      Faktor Keturunan
            Sudah dijelaskan di atas bahwa pasangan suami istri yang mempunyai riwayat keturunan kembar, akan memperoleh peluang mempunyai bayi kembar lebih banyak. Keturunan itu bisa dari pihak istri maupun suami. Maka dari itu, jika kita mengingnkan mempunyai anak kembar, bertanyalah pada keluarga dahulu. Apakah pernah mempunyai riwayat genetikal kembar atau tidak.

9.      Ras
            Faktor ras juga berpengaruh signifikan. Ras Afrika adalah ras nomor satu yang paling banyak mempunyai keturunan kembar. Sedangkan ras kedua setelah Afrika yang paling banyak mempunyai keturnan kembar adalah ras Eropa. Sedangkan Indonesia adalah ras terendah yang berpeluang untuk mempunyai anak kembar. Karena Indoensia adalah Ras Asia. Meskipun terendah, bukan berarti tidak ada peluang untuk pembuahan kembar. Hanya saja, peluang tersebut sangat sedikit jika dibandingkan oleh ras Asia maupun ras Eropa. Jadi, ketika kita memang benar-benar ingin mempunyai anak kembar, maka menikahlah dengan orang dari Ras Afrika maupun Eropa. Karena peluangnya akan jauh lebih banyak.

10.  Pola Hidup Sehat
            Mengkonsumsi makanan yang berigizi, menghindari merokok, menghindari konsumsi alkohol serta berolah raga secara teratur juga akan memperbesar peluang mempunyai anak kembar. Karena, pola hidup yang sehat akan sangat mempengaruhi kesehatan ovulasi dan reproduksi pasangan suami istri.
11.  Berkonsultasi Ke dokter
            Kita semua tahu bahwa dunia kedokteran berkembang dengan pesatnya. Termasuk juga pada dunia fertilitas. Meskipun kita tidak menggunakan program pembuahan buatan seperti bayi tabung ataupun program inseminasi, namun dengan pemberian obat-obatan tertentu akan memungkinkan bagi pasangan suami isri untuk mempunyai bayi kembar.
            Cara kerja obat-obatan tersebut adalah dengan cara memecah sel telur sehingga akan menghasilkan janin kembar. Sekali lagi, ini adalah salah satu upaya. Karena dokter hanyalah manusia biasa. Tuhanlah yang berhak menentukan hasil akhirnya. Maka dari itu, imbangi juga dengan doa yang tidak pernah putus.

12.  Alat Kontrasepsi
            Fungsi alat kontarsepsi yang sebenarnya adalah untuk mecegah kehamilan. Namun tidak menutup kemungkinan salah satu efek samping dari kontrasepsi adalah terjadinya kehamilan kembar. Bagaimana bisa? Hal tersebut bisa terjadi saat menggunakan kontrasespsi tidak teratur. Tidak konsisten dalam penggunaanya akan memberi dampak munculnya kehamilan kembar.
            Fenomena bayi kembar dengan Alat kontrasepsi ini sebenarnya masih diperdebatkan. Namun kembali lagi bahwa tak ada salahnya jika ini adalah satu dari sekian usaha yang kita lakukan untuk memeproleh kehamilan kembar.

            Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperoleh kehamilan kembar. Sekali lagi, urusan anak dan keturunan adalah mutlak urusan tuhan. Maka dari itu, selain usaha teruslah berdoa agar tuhan berkenan memberikan pada kita sepasang anak kembar yang lucu.
            Meskipun mempunyai anak kembar adalah salah satu hiburan tersendiri, tapi kita juga perlu memikirkan bagaimana kedepannya nanti. Akan banyak materi yang harus kita keluarkan jika mempunyai anak kembar. Kita harus memikirkan materi dua kali lipat. Masalah pendidikannya, masalah kehidupannya, dan berbagai masalah lain yang menyangkut materi. Harapannya, jangan sampai kita sudah mempunyai anak kambar tapi justru akan membuat mereka terlantar pada masa depannya.

No comments:

Post a Comment